penguat audio power ampliefiire with ic stk

Rangkaian Amplifier 200Watt dengan IC STK4050 dan Power Supply Banyak rangkaian amplifier 200watt yang terdapat di pasaran, bisa dalam bentuk OCl atau BTL. 

Sedangkan pada amplifier ini digunakan IC Hybrid STK4050. Sedikit mengenai IC Hybrid, boleh dikatakan ini adalah komponen mikroelektronika yang disusun di atas substrat keramik alumina yang didalamnya terdapat beberapa transistor, kapasitor kecil dan resistor. 

Proyek Rangkaian Amplifier ini menggunakan IC STK4050 yang diproduksi oleh SANYO, kelebihan IC ini adalah noise yang dihasilkan sedikit dan tentu saja dengan kualitas yang bagus. Kapasitas maksimal dari IC ini sendiri yaitu sebesar 200 Watt. 

Cukup untuk membuat amplifier kelas menengah. Pada Rangkaian Amplifier 200Watt ini sudah disediakan power supply yang memadai untuk mengoperasikan IC STK. Transfor mator yang digunakan adalah type CT (center tap) karena memang supplynya sendiri memerlukan (+) dan (-) serta GND. Karena kualitas yang dihasilkan sangat baik, amplifier ini cocok digunakan untuk home theater, speaker aktif atau komputer. Klik gambar untuk melihat gambar lebih besar.

 IC yang digunakan bisa dengan no STK 4050 saja, atau dipasaran banyak juga terdapat STK 4050II atau STK 4050V, semuanya sama saja. Dengan IC STK ini desain dari PA 200 watt ini simple dan pemasangan heat sink di belakang bodi IC juga cukup mudah. Berdasarkan spesifikasi dari IC ampplifier ini, load output / speaker yang ideal digunakan adalah dengan impedansi 8Ohms serta input impedansi sebesar 55KOhms. 

Satu lagi yang perlu diingat, walaupun disini disediakan power supply, namun untuk perancangan Rangkaian Amplifier 200Watt ini disarankan menggunakan PCB yang berbeda antara amplifier dan power supply untuk meminimalisir noise / denguwng yang mungkin terjadi

Tidak ada komentar:

HARD RESET FACTORY PONSEL ANDROID

** HARD RESET FACOTORY PONSEL ANDROID** **Proses factory reset melalui Recovery mode Samsung Galaxi Ace GT-S5830** 1.Tekan tombol of u...